Artikel GAKOPSYAH
Penguatan Kelembagaan Koperasi Syariah Melalui Sertifikasi Pengawas KSPPS / BMT
Jum'at, 17 Februari 2023
Penguatan Kelembagaan Koperasi Syariah Melalui Sertifikasi Pengawas KSPPS / BMT

Gabungan Koperasi Syariah (Gakopsyah) merupakan sebuah organisasi yang berfokus pada pengembangan koperasi syariah di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh Gakopsyah untuk memperkuat kelembagaan koperasi syariah adalah dengan menyelenggarakan sertifikasi pengawas koperasi syariah pada tanggal 14-22 Februari 2023 secara Hybrid Daring dan Luring Bersertifikat resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Penguatan kelembagaan koperasi menjadi sangat penting karena koperasi memiliki peran yang sangat strategis dalam perekonomian Indonesia. Koperasi tidak hanya menjadi sarana untuk memperoleh akses ke pasar dan pembiayaan, tetapi juga menjadi instrumen untuk memperkuat daya saing ekonomi Indonesia.

Dalam upaya memperkuat kelembagaan koperasi syariah, Gakopsyah mengadakan sertifikasi pengawas koperasi syariah. Sertifikasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengawasan koperasi syariah di Indonesia sehingga dapat tercipta koperasi yang sehat dan mandiri.

Sertifikasi pengawas koperasi syariah yang diselenggarakan oleh Gakopsyah terdiri dari beberapa tahap. Tahap pertama adalah seleksi peserta yang dilakukan berdasarkan kriteria tertentu, seperti memiliki latar belakang pendidikan di bidang ekonomi, manajemen, atau hukum syariah. Selain itu, peserta juga harus memiliki pengalaman kerja di bidang koperasi.

Setelah melewati tahap seleksi, peserta akan mengikuti serangkaian pelatihan pada tanggal 14-21 Februari 2023 dan uji kompetensi pada tanggal 22 Februari 2023 yang meliputi materi-materi tentang koperasi syariah, manajemen risiko, dan tata kelola koperasi syariah. Para peserta yang lulus ujian akan dinyatakan sebagai pengawas koperasi syariah yang bersertifikat BNSP.

Sertifikasi pengawas koperasi syariah yang diselenggarakan oleh Gakopsyah memiliki tujuan yang sangat penting dalam memperkuat kelembagaan koperasi syariah. Dengan adanya pengawas koperasi syariah yang memiliki sertifikasi, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengawasan di bidang koperasi syariah dan mengurangi risiko kegagalan koperasi.

Selain itu, sertifikasi pengawas koperasi syariah juga dapat memberikan rasa percaya kepada masyarakat, Kreditur, dan regulator terhadap koperasi syariah. Hal ini dikarenakan pengawas yang bersertifikasi akan menjamin bahwa koperasi syariah tersebut beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yang telah ditetapkan.

Dalam upaya memperkuat kelembagaan koperasi, sertifikasi pengawas koperasi syariah yang diselenggarakan oleh Gakopsyah juga menjadi penting dalam meningkatkan kinerja koperasi syariah. Kinerja koperasi yang baik akan memberikan manfaat bagi anggota koperasi, seperti pembiayaan yang lebih terjangkau, serta penguatan posisi tawar dalam negosiasi dengan pihak lain.

Tim Gakopsyah Jabar

Artikel Lainnya
Selasa, 09 Mei 2017

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia saat ini sangat pesat. Terbukti dengan menjamurnya Bank Syariah, Leasing Syariah, Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah, Hotel Syariah dll. Koperasi Syariah merupakan bagian dari badan usaha syariah yang cukup pesat perkembangannya.

Rabu, 02 Agustus 2017

Koperasi sebagai organisasi Sosio-Ekonomi sebenarnya memiliki posisi yang sangat strategis dalam perekonomian dan kehidupan sosial masyarakat di Indonesia. Jargon koperasi yang sudah sama-sama kita ketahui “ bekerjasama, bergotong royong dan saling tolong menolong, untuk mencapai kemajuan bersama

Kiat Agar Utang Lekas Terbayar
Senin, 17 Desember 2018

Utang, acap kali menjadi cara satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat mendesak. Berutang juga merupakan jalan yang kerap di tempuh orang untuk menutupi hasrat dan ambisi duniawi seseorang.

PERINTAH MENUNAIKAN AMANAH
Kamis, 22 November 2018

‘Hai anakku, Sesunguhnya, aku merasa bahwa aku akan dibunuh pada hari ini sebagai seorang yang dizalimi. Sesungguhnya salah satu kesusahanku yang terbesar adalah hutangku. Apakah engkau menyangka bahwa hutangku masih menyisakan harta walau sedikit?’

Anggota GAKOPSYAH

Jl. Ir.H.Juanda, Kel.Panyingkiran Rt.002/006, Indihiang, Tasikmalaya

Jl. Cibaligo No. 08 Cimahi

Jl. Tol Jagorawi Ciawi-Bogor

Konsultasi Ekonomi Syariah

Konsultasi Ekonomi Syariah bersama DPS GAKOPSYAH Klik Disini

Lihat Semua Konsultasi
Berita Terbaru
Menguatkan Pondasi Kelembagaan Koperasi: URGENSI SOM dan SOP

Hari/Tanggal: Selasa, 16 Januari 2024 Waktu: 09.00 WIB - Selesai Via Zoom Siapa yang harus mengikuti? Pengurus Pengawas Manajer Pembiayaan Aktivis Gerakan Koperasi Dan Pemerhati Aktivitas Koperasi

Jadwal Shalat

PENYESUAIAN JADWAL SHALAT UNTUK SELURUH DAERAH DI JAWA BARAT :

Kota Koreksi (menit) Kota Koreksi (menit)
Banjar - 3 Bekasi + 3
Bogor + 3 Ciamis - 3
Cianjur + 2 Pangandaran - 3
Cirebon - 3 Depok + 3
Garut - 1 Indramayu - 3
Karawang + 2 Kuningan - 3
Majalengka - 2 Purwakarta + 1
Subang - 1 Sukabumi + 3
Sumedang - 1 Tasikmalaya - 2
Lokasi Kami
Statistik Pengunjung
Content View Hits : 231.868

Copyright 2017, GAKOPSYAH JAWA BARAT.