Artikel GAKOPSYAH
Koperasi Syariah
Selasa, 09 Mei 2017

Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia saat ini sangat pesat. Terbukti dengan menjamurnya Bank Syariah, Leasing Syariah, Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah, Hotel Syariah dll. Koperasi Syariah merupakan bagian dari badan usaha syariah yang cukup pesat perkembangannya. Koperasi Syariah itu sendiri artinya adalah Koperasi yang menjalankan prinsip-prinsip syariah dalam menjalankan operasionalnya. Hal ini mencakup landasan ideal dan filosofisnya berdasarkan Al-Quran dan Sunnah Nabi, landasanya operasionalnya mengacu kepada Fatwa Dewan Syariah Majelis Ulama Indonesia. Ada berbagai macam koperasi syariah, tetapi umumya ketika berbicara koperasi syariah, orang akan lebih berpersepsi tentang Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah. Kenapa demikian? Karena koperasi lainnya seperti koperasi konsumen, koperasi produsen ataupun koperasi jasa pada hakikatnya lebih banyak muamalah yang mubah atau dibolehkan. Sementara itu untuk KSP atau koperasi simpan pinjam, banyak hal larangan Allah yang harus dihindari seperti Riba, Spekulasi (Maysir), Ghoror dan Zhalim. Pada intinya Koperasi Syariah harus meninggalkan atau tidak melakukan transaksi-transaksi yang tidak syariah. Selebihnya sepanjang tidak ada larangan dari Al-Quran, Sunnah Nabi ataupun Fatwa DSM MUI maka prinsipnya adalah boleh. Seperti kaidah dalam bermuamalah yaitu Al-ashluhu Ibahah, semuanya boleh kecuali yang dilarang.

Artikel Lainnya
Kiat Agar Utang Lekas Terbayar
Senin, 17 Desember 2018

Utang, acap kali menjadi cara satu-satunya untuk memenuhi kebutuhan hidup yang sangat mendesak. Berutang juga merupakan jalan yang kerap di tempuh orang untuk menutupi hasrat dan ambisi duniawi seseorang.

Konsultasi Syariah: Transaksi Tawarruq
Senin, 01 Oktober 2018

Menurut standar syariah internasional, tawarruq munadzam itu hanya dibolehkan karena ada kebutuhan, di antaranya mengatasi likuiditas antarbank. Kesimpulan hukum ini berdasarkan telaah terhadap pendapat para ulama salaf dan pendapat otoritas fatwa internasional terkait dengan tawarruq.

Asal Muasal Bitcoin dan Hukumnya dalam Islam
Jum'at, 06 Juli 2018

Bitcoin sebagai alat tukar hukumnya boleh dengan syarat harus ada serah terima (taqabudh) dan sama kuantitas jika jenisnya sama. Dan jika jenisnya berbeda disyaratkan harus taqabudh secara haqiqi atau hukmi (ada uang, ada bitcoin yang bisa diserahterimkan) #Bitcoin

Koperasi Sebagai Media Promosi Anggota
Jum'at, 04 Agustus 2017

Suksesnya suatu Koperasi harus diukur dari tingkat kesejahteraan anggotanya, bukan seberapa besar lembaganya, bukan seberapa besar asset lembaganya, bukan seberapa sejahtera karyawannya. Dalam koperasi itu terdapat “perusahaan koperasi” sebagai konsekuensinya, maka tujuan koperasi yang paling u

Anggota GAKOPSYAH

Jl. Pegadaian No. 44, Des. Lembang, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat, Jawa Barat 40391

Bandung

Jl. Raya Simpang Tiga No.01 Sukasarikaler Ke. Argapura Kab. Majalengka

Konsultasi Ekonomi Syariah

Konsultasi Ekonomi Syariah bersama DPS GAKOPSYAH Klik Disini

Lihat Semua Konsultasi
Jadwal Shalat

PENYESUAIAN JADWAL SHALAT UNTUK SELURUH DAERAH DI JAWA BARAT :

Kota Koreksi (menit) Kota Koreksi (menit)
Banjar - 3 Bekasi + 3
Bogor + 3 Ciamis - 3
Cianjur + 2 Pangandaran - 3
Cirebon - 3 Depok + 3
Garut - 1 Indramayu - 3
Karawang + 2 Kuningan - 3
Majalengka - 2 Purwakarta + 1
Subang - 1 Sukabumi + 3
Sumedang - 1 Tasikmalaya - 2
Lokasi Kami
Statistik Pengunjung
Content View Hits : 57.510

Copyright 2017, GAKOPSYAH JAWA BARAT.